INDUSTRI KREATIF

KOMPUTER DAN INDUSTRI KREATIF

 

  1. A.    Komputer Dan Industri Kreatif

Komputer Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta industri tersebut.

Sebelum adanya komputer, kondisi masyarakat saat  itu belum begitu berkembang. Komputer hanyalah sebagai  media hiburan, penyimpanan data, atau menyelesaikan aktivitas khusus semacam desain. Saat itu, kita sudah merasakan manfaat komputer, tapi dengan berkembangya IT,  Industri kreatif berbasis IT merupakan industri baru yang berkembang seiring dengan perkembangan komputer. Kemampuan komputer semakin hari semakin baik, dari sisi kecepatan maupun sisi kapasitas penyimpanan. Peningkatan ini memberikan kesempatan serta kemudahan kepada pengguna untuk  memanfaatkan komputer sebagai alat bantu . Hampir semua bidang  industri  di fasilitasi dengan teknologi informasi sehingga muncul industri kreatif  dengan menggunakan komputer yang akan mempermudah industri tersebut. Kenyataan ini telah membuka lapangan kerja baru di bidang industri dengan munculnya industri kreatif  berbasis IT. Di bidang seni muncul industri kreatif seperti animasi dan desain yang dibangun dengan  menggunakan fasilitas  komputer (IT).  Bidang seni yang difasilitasi komputer  hanya membutuhkan pada kreasi intelektual seperti seni, film, permainan, desain, iklan, dan sebagainya.

  1. B.     Revolusi Komputer Dan Industri Kreatif.

Industri Kreatif, perkembangan di setiap bidang kehidupan semakin dinamis. Mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, sampai bidang industri pun terus mengalami perubahan yang cepat. Bila jaman dahulu kita harus ke perpustakaan untuk menggali pengetahuan, sekarang ini pengetahuan dapat didapat dengan mudah melalui sarana digital ataupun internet. Untuk teknologi sudah dapat dilihat banyaknya kecanggihan yang dibuat manusia untuk memudahkan segala pekerjaan, seperti komputer, kamera, sampai robot untuk pembersih. Dan untuk bidang industri Beberapa sektor industri yang tergolong dalam industri kreatif antara lain: periklanan, film/video dan fotografi, musik, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan (aksesori, emas, kayu, kaca), desain (desain grafis, desain produk. logo), desain fashion (kreasi desain pakaian, aksesori, produksi pakaian), permainan interaktif (proses produksi maupun distribusi game online atau video yang bersifat edukatif), seni pertunjukkan (pertunjukan tarian tradisional, kontemporer, drama, musik tradisional, teater, opera), penerbitan dan percetakan (penulisan atau penerbitan buku, majalah, koran, tabloid, portal, penjualan mesin percetakan, alat sablon manual / sablon digital), layanan komputer dan piranti lunak (pengembangan software, desain arsitektur peranti lunak, web design), televisi dan radio (produksi dan penyiaran serta transmisi televisi dan radio), serta riset dan pengembangan (inovasi baru, metode baru, atau teknologi baru yang bisa menjadi solusi) dengan bidang mereka.

  • Revolusi Industri

Perkembangan komputer tidak terlepas dari Revolusi Industri. Dengan adanya Revolusi Industri. Kehidupan manusia berubah dari masyarakat petani menjadi masyarakat industri.  Masyarakat seakan terbangun dari cara berpikir lama sulit berkembang karena terbentur keterbatasan teknologi menjadi haus dan berlomba-lomba menguasai  teknologi terbaru.

  • Revolusi Komputer.

Seiring dengan revolusi industri yang melahirkan teknologi baru yang tiada henti, komputerpun mengalami revolusi, dari yang bentuknya sebesar rumah menjadi sebesar buku. Revolusi komputer belum berhenti seiring dengan terus ditemukannya teknologi baru untuk membuat komputer semakin kecil, ringan, cepat dan murah. Masyarakat industri mulai berubah menjadi masyarakat informasi. Segala sesuatu yang analog berubah menjadi digital. Kemunculan Internet merubah pola hidup dan kerja yang individu/lokal menjadi global/mendunia karena informasi bisa didapat dan diberi ke seluruh dunia.

  1. C.    Aplikasi Komputer Dalam Industri Kreatif  Antara Lain :

Komputer merupakan penemuan yang sangat penting dan mendasar. Komputer tidak hanya membantu melaksanakan pekerjaan akan tetapi mengubah cara kerja dan sekaligus menimbulkan tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungan

 

  1. 1.      Periklanan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi dan produksi iklan, antara lain: riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak dan elektronik.
  1. 2.      Pasar seni dan barang antik: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi dan perdagangan, pekerjaan, produk antik dan hiasan melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet.
  1. 3.      Kerajinan : Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan kapur. Produk kerajinan pada umumnya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (bukan produksi massal).
  1. 4.      Desain: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, produk, kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, industri, pengemasan, dan konsultasi identitas perusahaan.
  1. 5.      Video, Film dan Fotografi: kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi Video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video,film. Termasuk didalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron. Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
  2. 6.      Permainan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.
  1. 7.      Musik: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, distribusi, dan ritel rekaman suara, hak cipta rekaman, promosi musik, penulis lirik, pencipta lagu atau musik, pertunjukan musik, penyanyi, dan komposisi musik.
  1. 8.      Seni Pertunjukan: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha yang berkaitan dengan pengembangan konten, produksi pertunjukan, pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, termasuk tur musik etnik, desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.
  1. 9.      Penerbitan & Percetakan : kegiatan kreatif yang terkait dengan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita. Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan
  1. 10.  Televisi & radio: kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi penyiaran.
  1. 11.   Telekomunikasi Seluler : Kehadiran telepon genggam dulu hanya sebatas menggantikan telepon tetap (fixed line) seperti telepon rumah atau kantor saja. Kini telepon seluler sudah menjadi gadget multifungsi yang wajib dibawa kemanapun. Bukan hanya komunikasi dengan suara atau teks saja, kini kita bisa dengan mudah saling mengirim gambar atau data dalam waktu singkat menggunakan piranti ini.Perkembangan telekomunikasi seluler memang sangat pesat. Teknologi yang digunakan pun berubah dengan cepat. Terutama teknologi akses data yang kini sudah melesat dengan 3G atauthird generation. Sebentar lagi teknologi ini akan digantikan dengan generasi keempat atau 4G. Kecanggihan teknologi ini membuat para pengguna semakin dimanjakan dengan kecepatan akses yang didapatkan. Selain teknologi, faktor penting yang mendongkrak perkembangan telekomunikasi seluler adalah harga yang semakin murah. Harga handphone menjadi semakin terjangkau setelah ada invasi produk buatan negeri tira Cina. Perang harga terjadi juga antar operator telekomunikasi seluler. Persaingan ketat memperebutkan market membuat para operator berani menurunkan harga dengan tetap menjaga kualitas pelayanan. Harga tarif komunikasi yang semakin murah membuat masyarakat semakin mudah berkomunikasi tanpa khawatir akan menghabiskan banyak biaya. Kemudahan karena harga tarif yang murah telah memicu tingginya grafik komunikasi seluler di Indonesia. Hal ini membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi.
  1. 12.   Bidang Pendidikan: Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah berkembang ke sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasi pun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
  1. 13.  Bidang Kesehatan : mempermudah dokter dan perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar x. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti jantung, paru-paru dan ginjal. itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi informasi dan komputer.
  1. 14.  Perpustakaan Elektronik : Kemajuan-kemajuan dalam teknik pencarian infomasi, telah memungkinkan dilakukannya pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat. pada umumnya perpustakaan masih berisi buku-buku ataupun informasi di atas media cetak lainnya
  1. 15.  Robot Dalam Industri Kreatif : Pada era industrialisasi yang serba modern ini, semua kegiatan yang berhubungan dengan manusia telah beralih secara bertahap kearah yang modern. Transformasi tersebut bisa dilihal dari perkembangan teknologi yang semakin cepat dan setiap pencapain suatu kegiatan ditentukan oleh teknologi terbaru. Adapun contoh perkembangan teknologi yaitu perkembangan teknologi Robot. Penggunaan robot saat ini sudah mencakup seluruh sendi kehidupan manusia, baik dalam industri maupun dalam kegiatan sehari-hari. Mesin robot yang semakin pesat perkembangannya pada dasarnya membantu manusia dalam beraktifitas sehari-hari. Penggunaan robot dapat membantu kegiatan atau pekerjaan manusia agar efisien dalam waktu penyelesaian, serta mengurangi tingkat resiko kecelakaan kerja. Beberapa pekerjaan manusia yang sering menggunakan bantuan mesin robot masuk kategori pekerjaan yang sukar, berbahaya dan membosankan karena membutuhkan tingkat ketelitian yang tingg. Saat ini, robot telah digunakan sebagai mesin yang memiliki otomatisasi tinggi, mempunyai peranan yang sangat penting bagi manusia untuk digunakan dalam pekerjaan yang dirasa sangat penting. Maka dari itu, banyak perusahaan menciptakan serta menggunakan robot dalam segala hal. Beberapa robot diciptakan dengan berbagai spesifikasi berdasarkan kebutuhan. Kebutuhan tersebut bisa meliputi kebutuhan rumah tangga, industri, militer, pertanian, kelautan dll. Walaupun begitu, robot itu sendiri tetap saja masih membutuhkan interaksi manusia dalam operasinya. Dari hal tersebut, maka dapat dikatakan perkembangan robot semakin tahun mulai berkembang pesat. Sebagai buktinya, beberapa contoh kasus manfaat dari penggunaan robot seperti pada industri dan juga digunakan untuk keperluan rumah tangga
  • Penggunaan Mesin Robot Untuk Pembersih Ruangan :

Kegiatan sehari-hari terkadang sangat mombosankan bila dilakukan secara terus menerus. Kegiatan tersebut mulai dari kegiatan pembersihan ruangan hingga semua kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas rumah tangga yang lain. Maka dari itu  untuk mengurangi kejenuhan dan kelelahan, beberapa peralatan rumah tangga yang sebelumnya bersifat konvensional (tanpa mesin robot) sekarang berangsur-angsur beralih menggunakan mesin robot. Beberapa peralatan yang sudah menggunakan robot yaitu mesin pembersih.

Penggunaan robot pada mesin pembersih sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Penggunaan robot pembersih otomatis sebenarnya didesain sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas dengan melakukan tugas pembersihan sebanyak mungkin dan dilakukan

secara mandiri (bisa bergerak sendiri tanpa bantuan manusia Adapun model robot pembersih teradapat pada gambar 6.—

  • Penggunaan Robot Sebagai Asisten Rumah Tangga

Jika  kegiatan rumah tangga bila dilakukan terus menerus akan mengalami kejenuhan. Apalagi manusia sudah memiliki kegiatan yang padat di luar rumah seperti bekerja. Dari hal tersebut, maka kebutuhan akan robot sebagai asisten rumah tangga sangat dibutuhkan oleh manusia. Sekarang ini beberapa negara maju telah mengembangkan robot yang dapat bergerak sendiri untuk bekerjasama membantu manusia dalam pekerjaannya. Robot asisten rumah tangga didesain untuk membantu manusia dalam kegiatannya. Pada proses desain ini faktor manusia sangat dipertimbangkan dengan memberikan umpan balik terhadap penggunanya. Interaksi umpan balik didasarkan pada ucapan dan gerak tubuh, sehingga setiap

ucapan yang diperintahkan oleh penggunanya dapat dilaksanakan oleh robot asisten rumah tangga. Selain itu juga, manusia mempunyai peranan dalam mengoperasikan robot tersebut. Contoh model robot yang didesain sebagai asisten rumah tangga. Dari beberapa contoh kasus diatas, dapat diketahui semakin lama peranan robot dalam Industri dan kehidupan sehari-hari sangat penting dalam membantu manusia dalam aktivitas atau pekerjaanya. Pada tahun-tahun kedepan  bukan tidak mungkin teknologi mesin robot akan digunakan dalam semua bidang kehidupan manusia.

 

 

  1. D.     Dampak Positif Dan Negative Komputer Pada Industri Kreatif

 

  • Dampak Positif
  • komunikasi yang lebih baik
  • transportasi yang lebih cepat dan lebih aman
  • penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat d
  • efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja
  • Dampak Negatif

Munculnya ketakutan masyarakat bahwa manusia akan menjadi budak mesin dan terancamnya penggantian tenaga manusia dengan mesin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s